Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kakao Naik Tajam

Kompas.com - 11/01/2012, 10:56 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Setelah sempat turun, harga kakao pada akhir perdagangan di bursa ICE Futures, Rabu (11/1/2012) dini hari, akhirnya mengalami peningkatan.

Kenaikan tersebut dipicu oleh adanya sentimen positif yang datang dari laporan bahwa para pekerja di perkebunan kakao di Nigeria melakukan aksi mogok kerja pada hari ini. Mereka menuntut adanya kebijakan kenaikan upah harian pada beberapa perusahaan, seperti Hershey Co, Nestle SA, dan Barry Callebaut AG.

Kakao berjangka untuk bulan Maret di ICE naik sebesar 163 dolar (7,5 persen) dan berakhir pada posisi 2.333 dollar AS per metrik ton. Harga kakao berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Maret di NYSE London juga mengalami kenaikan lebih besar secara persentase. Harga kakao tersebut menguat sebesar 116 poundsterling (8,12 persen) dan berakhir pada posisi 1.544 poundsterling per ton.

Nigeria adalah salah satu negara produsen kakao terbesar di dunia setelah Pantai Gading, Ghana, dan Indonesia. Setelah krisis finansial di Eropa, harga kakao terpantau mengalami tekanan yang cukup signifikan seiring dengan menurunnya permintaan komoditas pangan di kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com