Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nike Bayar Lembur Pekerja Indonesia Rp 9 Miliar

Kompas.com - 12/01/2012, 21:49 WIB
Pieter P Gero

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nike Inc, perusahaan pembuat peralatan olahraga, sepakat membayar sekitar 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 9 miliar kepada pekerjanya. Serikat pekerja yang mewakili 4.500 pekerja dari PT Nikomas, anak usaha Nike Inc, Kamis (12/1/2012), sebagaimana dikutip kantor berita AP, melaporkan, dana ini untuk membayar lembur perkeja selama dua tahun.

Bambang Wirahyoso, pimpinan serikat buruh perusahaan itu, menegaskan, 4.500 pekerja ini adalah karyawan PT Nikomas, pabrik sepatu yang berlokasi di Provinsi Banten. Nike menyebutkan, pabrik ini tidak membayar waktu lembur sekitar 600.000 jam selama periode dua tahun. Setelah dilakukan perundingan selama 11 bulan, Nike yang berbasis di Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat, akhirnya sepakat membayar 1 juta dollar AS.

Wirahyoso seperti dikutip AP menegaskan, uang pembayaran lembur ini akan mulai dibayarkan kepada para pekerja mulai awal bulan depan. Sejauh ini, belum bisa diperoleh tanggapan dari pihak Nike Inc.

Dia berharap kasus ini akan menjadi preseden di negeri ini, di mana para pekerja pabrik kerap bekerja selama tujuh hari per pekan tanpa mendapat upah lembur atau bayaran yang pantas.

"Kasus ini akan mengirim gelombang kejutan melalui gerakan pekerja Indonesia," kata Wirahyoso.

Dia juga menekankan akan terus berjuang bagi pekerja lainnya. "Ini baru awal," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com