Sabtu, 19 April 2014

/ Bisnis & Keuangan

Terbuka Peluang Terbang Langsung ke Stockholm

Jumat, 13 Januari 2012 | 16:11 WIB

Baca juga

SINGAPURA, KOMPAS.com — Maskapai Singapore Airlines dan Scandinavian Airlines telah menyetujui kerja sama untuk meningkatkan penerbangan antara Singapura dan berbagai destinasi di Skandinavia, termasuk penerbangan langsung ke ibu kota Swedia, Stockholm.

Kini, sambil menunggu persetujuan dari otoritas penerbangan setempat, kedua maskapai akan melakukan kerja sama operasi, termasuk koordinasi jadwal penerbangan dan kerja sama pemasaran. Kerja sama operasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta memberikan beragam pilihan dan fleksibilitas bagi setiap penumpang.

"Kami sangat gembira telah mencapai kesepakatan penting ini. SIA dan SAS memiliki keinginan yang sama untuk menyediakan pilihan penerbangan tambahan bagi para pelanggan kami, dan melalui kemitraan ini kami akan dapat menyediakan penerbangan tambahan antara kedua negara, di mana hal ini akan sangat sulit jika kami lakukan sendiri," kata Executive Vice President Commercial SIA, Mak Swee Wah, Jumat (13/1/2012), dalam surat elektroniknya kepada Kompas.

Kini, Singapore Airlines mengoperasikan tiga kali penerbangan seminggu menuju ibu kota Denmark, Kopenhagen. Kerja sama ini diharapkan meningkatkan layanan penerbangan antara Singapura dan Skandinavia.

Kerja sama ini juga membuka jalan bagi pembukaan rute penerbangan baru antara Singapura dan Stockholm. Selama ini, masyarakat Indonesia yang ingin ke Stockholm terpaksa transit dulu di Singapura atau Kuala Lumpur, lalu ke Schipol (Amsterdams) atau Kopenhagen, baru terbang lagi ke Stockholm. Nantinya, perjalanan akan lebih cepat dengan transit lebih sedikit.

Sejak Desember 2010, Singapore Airlines telah melakukan codesharing pada penerbangan-penerbangan yang dioperasikan oleh SAS dari Kopenhagen menuju Helsinki, Oslo, dan Stockholm.

Sebaliknya, SAS melakukan codesharing pada penerbangan-penerbangan yang dioperasikan SIA pada rute antara Kopenhagen dan Singapura serta pada penerbangan tertentu antara Singapura dan Bangkok.


Penulis: Haryo Damardono
Editor : Robert Adhi Ksp