Kamis, 31 Juli 2014

/ Bisnis & Keuangan

Harga Emas Terus Naik

Kamis, 19 Januari 2012 | 08:03 WIB

Baca juga

NEW YORK, KOMPAS.com — Kontrak emas berjangka naik ke harga tertinggi dalam lima minggu seiring dengan melemahnya dollar AS sehinggga mendorong permintaan emas sebagai aset alternatif. Kontrak emas berjangka untuk pengantaran Februari naik 0,3 persen menjadi 1.659,90 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada pukul 1:39 PM, di Comex, New York, Rabu (18/1/2012) waktu setempat. Ini harga tertinggi sejak 13 Desember 2011. "Melemahnya dollar AS mendukung emas," ujar David Meger, Direktur Perdagangan Metal Vision Financial Markets, di Chicago, dalam wawancara telepon dengan Bloomberg.

Memang dollar AS melemah untuk hari kedua terhadap sejumlah mata uang utama setelah produksi pabrik Amerika Serikat naik signifikan dalam setahun. Berdasarkan data Bank Sentral AS, produksi pabrik AS naik karena produksi peralatan bisnis, mobil, dan bahan konstruksi meningkat.

Selain itu, Dana Moneter Internasional pun akan meningkatkan dananya sebanyak 500 miliar dollar AS demi menjaga ekonomi global. "Emas sedang mengalami resistensi teknikal pada harga 1.660 dollar AS," tambah Meger.


Penulis: Ester Meryana
Editor : Erlangga Djumena
Sumber: