Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Spekulasi Pelaku Pasar Pengaruhi Harga CPO

Kompas.com - 01/02/2012, 13:36 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak sawit pada perdagangan di MDEX ( Malaysia Derivatives Exchange) ditutup melemah.

Pelemahan harga CPO didorong aksi pelaku pasar yang melakukan penutupan posisi jangka pendeknya menjelang hari liburan. Kontrak CPO untuk penyerahan April di MDEX ditutup 4 ringgit lebih rendah menjadi MYR 3,078 per metric ton, atau melemah 0,1 persen setelah sebelumnya sempat menyentuh level terendah setelah turun 1,2 persen menjadi 3.044 ringgit per ton, yang merupak an level terendah sejak 21 Desember.

Di Bursa Komoditi Derivatif Indonesia, harga CPO untuk pengiriman Maret ditutup pada Rp.9.050/kg dan untuk pengiriman April ditutup pada Rp.9.060/kg. Untuk RBD Palm Olein, harga untuk kontrak Maret ditutup pada Rp.8.560 /kg dan untuk pengiriman April pada Rp.8.575/kg.

Ekspor Minyak kelapa sawit Malaysia sudah mengalami penurunan 6 persen pada tahun ini, dan penurunan kemungkinan akan terus berlanjut dalam beberapa pekan mendatang di Bulan Februari karena keterlambatan Pemerintah Malaysia dalam mengeluarkan kebijakan kuota ekspor bebas pajak. Penundaan ini membuat eksportir sulit memenuhi permintaan kontrak yang ada karena mahal.

Harga olein di Bursa Berjangka Jakarta juga mengalami pelemahan didorong aksi jual pelaku pasar, di tengah tren penurunan harga CPO di Malaysia.

Di Bursa Berjangka Jakarta, harga olein untuk kontrak Februari ditutup pada Rp.9.2 40/kg atau menurun Rp.170/kg (1,81 persen), sementara untuk pengiriman Maret 2012 harga olein melemah Rp.75/kg atau 0,80 persen menjadi Rp.9.250/kg dari penutupan hari sebelumnya di Rp.9.325/kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com