Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siam Cement Ambil Alih Boral Indonesia

Kompas.com - 01/02/2012, 14:57 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Siam Cement Group, konglomerasi bahan bangunan asal Thailand kembali melakukan ekspansi di Indonesia. Perusahaan milik kerajaan Thailand ini membeli perusahaan semen asal Australia, PT Boral Indonesia senilai 135 juta dollar AS.

Situs foxbusiness.com melansir, rencana Siam Cement Group tersebut sudah disampaikan di Bursa Efek Thailand hari ini (1/2/2012). Siam Cement Group menyatakan, akan menyelesaikan transaksi pembelian Boral Indonesia sebelum bulan Juni nanti.

Boral Indonesia merupakan pabrik semen milik Boral Ltd yang beroperasi dengan kapasitas produksi 2,2 juta meter kubik. Perusahaan ini memiliki cadangan batu kapur cukup besar di Indonesia.

Pihak Boral Ltd mengatakan, akan memakai uang penjualan untuk mengurangi beban utang perusahaannya. "Penjualan dari bisnis konstruksi di Indonesia sesuai dengan strategi kami kembali menyelaraskan portofolio," kata Mark Selway, Direktur Eksekutif Boral dalam sebuah pernyataan yang dikutip finance.ninemsn.com.au.

Sementara itu, David Leitch, analis dari UBS menilai, penjualan Boral itu tercapai dengan nilai harga yang sepadan. "Kami pikir itu nilai yang baik, karena tahun ini kondisi memburuk, " Prediksi Leitch. Ia menambahkan, penjualan tidak akan berdampak besar pada keuntungan Boral di periode mendatang. (Asnil Bambani Amr/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com