Rabu, 16 April 2014

/ Bisnis & Keuangan

Garuda Beli 18 Pesawat Bombardier CRJ1000

Rabu, 15 Februari 2012 | 16:29 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk hari ini, Rabu (15/2/2012) menandatangani pembelian 18 pesawat jenis CRJ 1000 NextGen dengan Bombardier Aerospace, perusahaan pembuat pesawat asal Kanada. Penandatanganan tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan President & COO Bombardier Aerospace Guy Hachey, di chalet Bombardier di acara pameran dirgantara Internasional Singapore Airshow 2012.

Dari 18 pesawat Bombardier seri CRJ1000 NextGen tersebut, lima di antaranya akan diterima Garuda Indonesia pada tahun 2012 ini, mulai bulan Oktober hingga Desember 2012. Disamping itu, Garuda Indonesia juga memiliki kesempatan untuk mendatangkan sebanyak 18 pesawat lagi.

Pengoperasian pesawat tersebut sejalan dengan program pengembangan dan ekspansi yang terus dilakukan Garuda, khususnya pada pasar domestik dan regional jarak pendek yang memiliki density yang tinggi. Pesawat-pesawat tersebut nantinya akan digunakan oleh Garuda Indonesia untuk melayani penerbangan rute domestik dan regional melalui hub di Makassar, Medan, dan Balikpapan mulai akhir tahun 2012 ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, mengatakan bahwa pengoperasian pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen ini merupakan bagian dari program pengembangan armada dan “ network” yang saat ini terus dilaksanakan Garuda.

"Pesawat ini nantinya akan dioperasikan melalui hub Makassar, Medan dan Balikpapan untuk meningkatkan connectivity kota-kota di sekitar ketiga hub tersebut sehingga akan semakin memperkuat jaringan/network Garuda Indonesia secara keseluruhan. Di samping itu, pesawat ini juga akan meningkatkan efisiensi Garuda karena pesawat ini hemat bahan bakar hingga 30 persen," kata Emir dalam rilis tertulis Garuda.

Bombardier adalah sebuah perusahaan Kanada yang bergerak dalam bidang produksi alat dan perlengkapan transportasi, mulai dari pesawat komersial, jet, serta berbagai perlengkapan transportasi lain.

Bombardier Commercial Aircraft-unit bisnis dari Bombardier Inc-adalah produsen pesawat berkapasitas hingga 145 penumpang, dengan tingkat efektivitas opersional tertinggi di kelasnya. Produk-produk Bombardier antara lain CRJ NextGen family, NextGen Q400, pesawat jet C-series, dan pesawat-pesawat berkapasitas 100-149 kursi (single aisle).(Hendra Gunawan)


Editor : Tri Wahono
Sumber: