Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT PLN Siap Sambung Listrik ke Tambak

Kompas.com - 17/02/2012, 02:51 WIB

Jakarta, Kompas - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) siap menyambung tenaga listrik ke lokasi petambak PT Aruna Wijaya Sakti di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Sejauh ini, listrik sudah sampai di gerbang lokasi tambak tersebut sejak November 2011.

”Namun, ada masalah di antara petambak dengan pemilik instalasi listrik di lingkungan tambak dan ini sedang dimediasi oleh pemerintah,” kata Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji, di Jakarta, Kamis (16/2).

Nasib petambak plasma udang PT Aruna Wijaya Sakti di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, terkatung-katung setelah pemutusan kemitraan dengan perusahaan.

Janji pemerintah sejak tahun lalu untuk mengalirkan listrik ke areal tambak hingga kini belum terealisasi. Hambatan aliran listrik tersebut menyebabkan ribuan petambak udang eks Dipasena itu tidak bisa berproduksi dengan baik.

Keluhan tersebut disampaikan puluhan petambak perwakilan petambak plasma eks Dipasena dalam aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Jakarta, Kamis kemarin. Pengunjuk rasa berasal dari delapan kampung di kawasan Dipasena. Dalam aksi itu, petambak meminta pemerintah menandatangani surat dukungan listrik ke areal tambak.

”Kami meminta Pak Menteri (Kelautan dan Perikanan) memberikan pernyataan tertulis terkait penyelesaian masalah yang melanda kampung halaman kami,” ujar Imam, petambak yang berasal dari Kampung Bumi Dipasena Mulya. (LKT/EVY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com