Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bloomberg: Carlos Slim Orang Terkaya Dunia

Kompas.com - 06/03/2012, 10:32 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Bloomberg mencatat, predikat orang terkaya dunia kini disematkan kepada Carlos Slim. Dia merupakan tycoon yang mengontrol America Movil SAB, sebuah perusahaan telekomunikasi sukses di Meksiko.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, yang mengukur tingkat kekayaan 20 individu dunia per hari, nilai kekayaan bersih yang dimiliki pria berusia 72 tahun itu mencapai 68,5 miliar dollar AS per hari pada penutupan pasar 2 Maret lalu.

Sementara itu, data yang sama menunjukkan, miliarder asal AS yakni Bill Gates dan Warren Buffet berada di posisi kedua dan ketiga. Kekayaan Gates (56 tahun) mencatatkan penurunan 102,1 juta dollar AS pada 2 Maret menjadi 62,4 miliar dollar AS dan naik 11 persen di sepanjang tahun ini. Sedangkan kekayaan Buffet (81 tahun) turun 336,9 juta dollar AS menjadi 43,8 miliar dollar AS per 2 Maret dan naik 2,4 persen di sepanjang 2012.

Miliarder asal Brasil Eike Batista menduduki posisi 10. Tahun lalu, Batista menargetkan akan menjadi orang terkaya dunia pada 2015 mendatang. "Saya sangat suka kompetisi. Sudah saatnya warga Brasil menjadi nomor satu. Warga Brasil selalu mengagumi mimpi warga Amerika. Saya merupakan salah satu contoh mimpi warga Brasil," jelas Batista dalam wawancara melalui sambungan telepon.

Adapun kombinasi nilai kekayaan bersih 20 miliarder dunia mencapai 676,8 miliar dollar AS . Sembilan orang berasal dari Amerika, termasuk tiga anggota keluarga Sam Walton, pendiri Wal-Mart Stores Inc.

Sekadar informasi, Bloomberg Billionaires Index mengukur kekayaan miliarder dunia berdasarkan perubahan pasar dan ekonomi. Berita atau artikel yang ditulis Bloomberg juga memengaruhi hal tersebut. Setiap data mengenai kekayaan para miliarder itu akan diperbaharui di setiap hari kerja pukul 17.30 waktu New York. Adapun valuasi nilai kekayaannya ditulis dalam mata uang dollar AS.

Rangking yang dipublikasikan hari ini dirilis bersamaan dengan profil miliarder yang ada pada seksi Bloomberg Professional service. Pada bagian ini, akan dijelaskan secara transparan bagaimana perhitungan kekayaan para miliarder dunia dikalkulasikan. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com