Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Terus Merangkak Naik

Kompas.com - 16/03/2012, 13:30 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penurunan harga logam mulia atau emas batangan terganjal sehingga tidak terus turun menembus level di bawah 1.700 dallar AS atau lebih jauh lagi. Kini harga mineral ini kembali merangkak naik.

Ini berdampak pada harga jual logam mulia yang dijual Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Aneka Tambang (Antam). "Nilai tukar rupiah melemah dan terus menaikkan harga (logam mulia) di dalam rupiah. (Apalagi) sekarang harga logam mulia di pasar spot dunia naik lagi ke 1.662,6 per troy ons, padahal kemarin 1.643,8 per troy ons," ujar Vice President Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia PT Antam Herman Djazi, di Jakarta, Jumat (16/3/2012).

Adapun harga logam mulia di Antam hari ini dilepas pada harga Rp 552.000 per gram atau Rp 511.240 per gram untuk logam mulia 100 gram. Posisi itu masih lebih rendah dibandingkan dua minggu lalu saat emas batangan dijual pada level Rp 557.000 per gram. Adapun nilai tukar rupiah bercokol di level Rp 9.176 per dollar AS atau melemah dibandingkan posisi dua hari lalu yang masih bertahan di posisi Rp 9.160 per dollar AS.

Kenaikan harga emas bersamaan dengan berbaliknya harga jual minyak mentah di pasar dunia setelah mengalami penurunan tajam pada Kamis kemarin. Harga Brent berada di posisi 123 dollar AS per barrel atau naik 0,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com