Selasa, 2 September 2014

/ Bisnis & Keuangan

Suksesi Bank Dunia

Obama Nominasikan Jim Yong Kim Pimpin Bank Dunia

Sabtu, 24 Maret 2012 | 10:48 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com- Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Washington, Jumat (23/3/2012) mengumumkan akan menominasikan seorang Korea-Amerika Jim Yong Kim (52) sebagai calon pimpinan Bank Dunia.  Jim Yong Kim merupakan Presiden dari Dartmouth College, sebuah pejabat tinggi terkemuka yang termasuk dalam kelompok Ivy League di New Hampshire.

Sebelumnya, Jim Yong Kim juga pernah memimpin Departeman HIV/AIDS di Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. "Dia sudah bekerja dari Asia hingga Afrika dan Amerika, dari ibu kota negara hingga dusun terpencil. Catatan pribadinya merupakan keragaman dari negara kita," kata Obama. 

Seperti perebutan kursi pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF) yang semakin santer menginginkan wakil dari negara berkembang duduk di lembaga multilateral tersebut, Bank Dunia pun demikian.

Menurut tradisi, IMF selalu dipimpin oleh orang Eropa sementara Bank Dunia oleh orang AS.  Dari negara berkembang, muncul calon yaitu Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala dan mantan Menteri Keuangan Kolombia Jose Antonio Ocampo.


Penulis: Anastasia Joice
Editor : Marcus Suprihadi