Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda: Kita Saling Melayani

Kompas.com - 05/04/2012, 11:25 WIB
Ester Meryana

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk M Arif Wibowo menilai, maskapai-maskapai berbiaya murah (low cost carrier) akan saling melayani karena pasar untuk maskapai jenis ini masih sangat besar. Jadi, kata dia, Citilink bersama dengan maskapai berbiaya murah lainnya akan tetap tumbuh.

"Kalau buat kita, pasar semua tumbuh. Pasar low cost untuk middle down (menengah ke bawah) tumbuh terus. Dengan pemain baru, Citilink tetap punya kapabilitas untuk menggarap pasar," ujar Arif kepada Kompas.com dalam acara penerbangan perdana Mandala Airlines, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (5/4/2012).

Menurut dia, pasar maskapai berbiaya murah yakni yang umumnya menyasar masyarakat kelas menengah terus bertumbuh. Dengan kondisi bagus tersebut, para maskapai pun masih punya pangsa pasar yang luas. Apalagi penerbangan tidak hanya menyasar rute domestik. "Citilink kan pengembangan ke pasar domestik dan internasional," tambah Arif.

Untuk bisa terus tumbuh, lanjut dia, Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia ini akan terus memperkuat posisi, salah satunya dengan penambahan jumlah pesawat. "Target sampai 50 pesawat hingga tahun 2015, dengan A320 juga," sebutnya.

Sekalipun nanti akan terpisah dari Garuda, Arif mengatakan, Citilink akan tetap menjadi subsidiary Garuda. "Ya kita saling melayanilah karena pasarnya terus tumbuh," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com