Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profesional Berbagi Pengalaman ke Siswa SD

Kompas.com - 16/04/2012, 02:37 WIB

Jakarta, Kompas - Sebanyak 200 relawan dari berbagai profesi akan berbagi inspirasi dan mimpi kepada siswa-siswa sekolah dasar negeri di Jakarta dan sekitarnya dengan menceritakan profesinya. Relawan yang akan mengikuti ”Kelas Inspirasi” itu antara lain analis senior, pilot, arsitek, sejarawan, dan direktur perusahaan.

Ketua Yayasan Indonesia Mengajar Anies Baswedan mengatakan, di depan kelas, para profesional tersebut bukan untuk mengajar, melainkan untuk berbagi pengalaman. ”Cerita itu bisa menjadi bibit mimpi dan inspirasi bagi anak-anak,” kata Anies saat Gathering Volunteer Kelas Inspirasi ”Berbagi Inspirasi Lewat Profesi”, Sabtu (14/4), di Jakarta.

Tujuan dari Kelas Inspirasi ini, lanjut Anies, agar para profesional dan kalangan kelas menengah Indonesia bisa melihat fakta kondisi pendidikan di sekitarnya. Harapannya, dapat terjalin jejaring dan komunikasi antara profesional dan dunia pendidikan di SD.

Tim Kelas Inspirasi Safira Melita Ganis mengatakan, minat profesional untuk bergabung dalam gerakan ini cukup tinggi. Ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 659 orang hanya dalam 20 hari. Para calon peserta itu telah menyatakan siap mengambil cuti satu hari untuk berbagi cerita pada 25 April 2012 serentak di 25 sekolah di Jakarta dan sekitarnya.

”Kegiatan ini tidak akan membebani guru atau sekolah karena bertujuan memotivasi siswa,” kata Anies.

Ismiyati, seorang kepala SD di Jakarta, berpesan agar para relawan menyampaikan cerita dan pengalamannya dengan cara yang menarik agar bisa diterima siswa SD. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com