Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Sudah Turun Selama Lima Hari

Kompas.com - 19/04/2012, 12:40 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga emas masih mencatatkan penurunan. Dengan demikian, sudah lima hari belakangan harga emas melandai.

Pada pukul 12.10 waktu Singapura, harga emas di pasar spot turun 0,2 persen menjadi  1.639,20 dollar AS per troy ounce. Sementara, dalam empat hari belakangan, penurunan harga si kuning kinclong ini sudah mencapai 2 persen.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni tak banyak mencatatkan perubahan di posisi 1.641,80 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. Kemarin, kontrak yang sama turun 0,7 persen seiring penurunan pada indeks Standard & Poor's 500.

Faktor yang menyebabkan aksi jual emas adalah kecemasan investor bahwa Eropa saat ini tengah kesulitan dalam menangani krisis utangnya. Hal tersebut menyebabkan posisi euro terhadap dollar AS semakin tertekan sehingga memangkas tingkat permintaan emas sebagai safe haven.

"Krisis utang Eropa akan menjadi kunci utama pergerakan harga emas untuk jangka pendek," jelas Wang Xiaoli, chief investment strategist CITICS Futures Co. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com