Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Dorong Harga Minyak Jatuh

Kompas.com - 01/05/2012, 07:57 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak jatuh pada perdagangan di New York, Senin (30/4/2012) waktu setempat menyusul ekonomi Spanyol yang mengalami kontraksi pada kuartal I 2012.

Kondisi ini mendorong Spanyol kepada resesi kedua sejak 2009 dan meningkatkan kekhawatiran permintaan bahan bakar di zona euro akan terganggu.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Juni turun 6 sen menjadi 104,87 dollar AS per barrel, di Nymex. Sedangkan, harga minyak Brent untuk penetapan Juni turun 36 sen, atau 0,3 persen, menjadi 119,47 dollar AS per barrel di ICE Futures Europe exchange, London.

Krisis Eropa tadinya berawal di Yunani kemudian menyebar ke Irlandia, Portugal, Italia dan Spanyol. Pertumbuhan ekonomi negara-negara itu pun turun. Khusus di Spanyol, Institut Statistik Nasional yang berbasis di Madrid, Senin, mengatakan, produk domestik bruto negara itu turun 0,3 persen pada kuartal I-2012.

"Kekhawatiran mengenai Eropa telah memberatkan pasar untuk waktu yang lama," sebut Phil Flynn, analis di PFGBest, Chicago, Senin waktu setempat.

Selain karena Spanyol, turunnya harga minyak juga didorong oleh menguatnya dollar AS terhadap euro seiring dengan meningkatnya pengeluaran konsumen di Amerika Serikat. Dollar AS menguat 0,1 persen terhadap Euro. Menguatnya dollar AS menurunkan minat pelaku pasar untuk mengoleksi bahan mentah sebagai investasi.

"Tajuk utama Spanyol hari ini mengkhawatirkan. Angka pengeluaran pribadi merupakan sinyal positif ekonomi yang mendorong dollar AS naik dan hasilnya menghantam komoditas," tambah Phil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com