Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.100 Imigran Ethiopia Tiba di Yaman

Kompas.com - 06/05/2012, 09:33 WIB

SANA'A, KOMPAS.com - Lebih dari 1.100 imigran gelap Ethiopia tiba di kota pelabuhan Yaman selatan dan barat selama satu bulan belakangan, dengan tujuan memasuki negara-negara kaya di Teluk.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Yaman dalam pernyataannya Sabtu (5/5/2012), para pendatang tersebut telah dibawa ke pusat pengungsi PBB di daerah Kharaz, di Provinsi Lahj, Yaman selatan.

Kementerian juga menyatakan jumlah pengungsi Afrika di Yaman telah bertambah jadi dua juta. Arus pengungsi Afrika yang terus berlanjut itu menimbulkan beban sangat berat pada sumber daya ekonomi Yaman yang terbatas.

Kerusuhan politik di Yaman dinilai sangat mempengaruhi situasi keamanan di negeri tersebut, sehingga memicu pertempuran dengan Al-Qaida di bagian selatan dan konflik sektarian di utara. Kemelut itu juga merusak ekonomi negara tersebut.

Pada Jumat (4/5), pasukan keamanan Yaman juga membebaskan 89 pendatang gelap Afrika yang ditawan oleh sekelompok pria bersenjata untuk memaksa keluarga mereka di Arab Saudi mengirim uang tebusan. Mereka disekap di Provinsi Hajja di bagian utara negeri tersebut, dekat perbatasan dengan Arab Saudi.

Pengungsi Afrika dan pendatang gelap tiba di Yaman melalui Laut Merah dan Teluk Aden menggunakan perahu penyelundup. Salah satu tujuan mereka adalah Arab Saudi.

Namun Arab Saudi memperketat pengamanan di perbatasannya dengan Yaman untuk mencegah pendatang Afrika mencapai wilayahnya, sehingga ribuan pendatang Afrika tertahan di wilayah perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com