Kamis, 28 Agustus 2014

/ Hardware

Sleekbook, Senjata Andalan HP Lawan iPad

Kamis, 10 Mei 2012 | 10:39 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Tahun 2011 lalu, vendor komputer Hewlett Packard (HP) sempat berniat menjual divisi personal computer (PC) miliknya.

Keinginan ini tercetus karena kinerja divisi tersebut terus menurun tergerus perangkat tablet. Namun, akhirnya HP mengurungkan niat tersebut.

Kini, divisi yang bertanggung jawab terhadap produk komputer desktop dan laptop milik HP tersebut justru menjadi andalan HP untuk "melawan" kedigjayaan perangkat tablet yang dimotori iPad dan Galaxy Tab.

Ini diungkapkan oleh Dion Weisler, Senior Vice President, Printing and Personal Systems Group, HP Asia-Pacific saat break-out session acara "HP Global Influencer 2012" yang digelar di Shanghai, China, pada Rabu (9/5/2012).

Dion mengatakan, Ultrabook akan mampu menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan sebuah produk lain yang "seluwes" tablet.

Ultrabook memiliki segalanya yang dimiliki tablet, yaitu tipis, ringan, dan baterainya dapat bertahan lama, serta yang utama adalah dapat dihidupkan/dipakai secara instan.

HP akan habis-habisan "memanjakan" Ultrabook produksinya demi melawan tablet yang sedang digandrungi pengguna di seluruh dunia.

Untuk membanjiri pasar dengan Ultrabook, setelah awal tahun ini merilis dua produk Ultrabook, HP kembali merilis empat model terbaru. Mereka adalah HP Envy SpectreXT, HP Envy Ultrabook, HP Envy Sleekbook, dan HP EliteBook Folio 9470m.

Saat ditanya soal harga Ultrabook yang masih cukup mahal ketimbang tablet, Dion mengaku harga memang masih menjadi kelemahan dari jenis produk tersebut.

Namun, dia yakin harganya akan turun terus. Sebelum menunggu harga turun, HP mempunyai strategi khusus untuk itu.Yaitu dengan merilis HP Envy Sleekbook, sejenis Ultrabook namun dengan harga cukup murah.

HP Envy Sleekbook dengan ukuran layar 15,6 inci dan menggunakan prosesor AMD dibanderol dengan harga 600 dollar AS. Sedangkan, untuk Envy Sleekbook 14 inci yang menggunakan prosesor Intel harganya 700 dollar AS.

Dengan harga yang cukup murah tersebut, HP yakin Sleekbook dapat menggoda pengguna yang berencana membeli perangkat tablet.

Meski saat ini berperang dengan tablet, HP sebenarnya juga akan terjun ke bisnis perangkat tablet saat Windows 8 telah tersedia di pasaran.


Editor : Wicaksono Surya Hidayat