Rabu, 1 Oktober 2014

/ Bisnis & Keuangan

BI: Tren Inflasi Turun Dalam Lima Tahun Terakhir

Rabu, 16 Mei 2012 | 11:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, mengatakan tren inflasi cenderung turun dalam lima tahun terakhir. Hal itu didukung oleh penurunan inflasi inti dan membaiknya inflasi harga bahan pangan.

"Perkembangan inflasi (atau) Indeks Harga Konsumen dalam lima tahun terakhir menunjukkan tren yang menurun," sebut Darmin, dalam pidato di acara Rakornas III Tim Pengendalian Inflasi Daerah 2012, di Jakarta, Rabu (16/5/2012).

Turunnya angka inflasi, kata dia, didukung oleh menurunnya inflasi inti dari sekitar 6 persen pada awal 2007 menjadi 4-5 persen pada tahun 2012. Lalu, inflasi harga bahan pangan atau volatile food, pun membaik. "Dari angka sekitar 12 persen pada tahun 2007 sekarang menjadi sekitar 7 persen," sambung dia.

Menurut Darmin, turunnya inflasi tersebut merupakan suatu pencapaian kinerja yang dapat dibanggakan. Hal itu tidak terlepas dari peran aktif Pemerintah Daerah dalam menjaga stabilitas harga. "Peran Pemerintah Daerah sangat penting karena kontribusi daerah di luar Jakarta dalam pembentukan inflasi nasional sangat besar mencapai 77 persen dari seluruh angka inflasi nasional," pungkas Darmin.


Penulis: Ester Meryana
Editor : Erlangga Djumena