Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: "Merah Putihnya" Bakal Ketahuan di Uji Kepatutan

Kompas.com - 24/05/2012, 11:57 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 14 calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan akan diuji kepatutan dan kelayakannya di Komisi XI DPR. Menurut Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qosasi, akan ada tiga hal yang dinilai oleh DPR.

"Ada tiga hal yakni masalah kapabilitas, kapasitas, dan integritas," sebut Achsanul, di DPR, Jakarta, Kamis (24/5/2012).

Menurut dia, kemampuan dan track record 14 calon anggota DK OJK ini sudah terlihat, dan hal itu dinilai bagus. Namun, DPR masih perlu melihat lebih lanjut mengenai integritas semua calon tersebut. "Nah nanti masalah integritas, merah putihnya seperti apa bakal ketahuan dalam fit and proper test," pungkas Achsanul.

Panitia Seleksi DK OJK sebelumnya telah melakukan empat tahapan seleksi. Tahap satu, seleksi administratif; tahap dua, seleksi kapabilitas; tahap tiga, seleksi kesehatan; dan tahap empat, seleksi kompetensi.

Dari tahapan tersebut, panitia menghasilkan 21 orang calon yang selanjutnya diserahkan ke Presiden. Presiden pun melakukan pemilihan dan menghasilkan 14 orang calon DK OJK. Dari jumlah tersebut, DPR akan memilih sebanyak 7 orang yang nantinya akan ditetapkan menjadi anggota DK OJK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com