Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Pengangguran di AS Naik

Kompas.com - 01/06/2012, 08:09 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Angka klaim pengangguran di Amerika Serikat kembali naik 10.00 menjadi 383.000 pada pekan yang berakhir pada 26 Mei lalu. Kenaikan ini membuat koreksi indeks Dow berlanjut dan turunnya imbal hasil dari treasury bonds menjadi 1,56 persen semalam.

Seperti diungkapkan ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat (1/6/2012), data lain yang kurang menggembirakan adalah data perbaikan produk domestik brutto di AS pada triwulan pertama hanya tumbuh 1,9 persen dibanding tahun lalu (yoy) dari 2,2 persen yoy pengumuman sebelumnya.

"Tampaknya ekonomi AS mulai terpengaruh dengan pelemahan ekonomi di Uni Eropa dan China. Keduanya merupakan mitra dagangan utama AS," kata Lana.

Dari perekonomian domestik Indonesia, Lana memperkirakan inflasi Mei diperkirakan moderat. Hari ini Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan angka inflasi bulan Mei dengan perkiraan yang relatif moderat.

Faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan harga adalah pelemahan rupiah yang berdampak pada imported inflation. Imported inflation tersebut akan membuat tekanan yang lumayan pada komponen pengeluaran makanan jadi dan sandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com