Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Spanyol Butuh 37 Miliar Euro

Kompas.com - 09/06/2012, 17:14 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sistem perbankan Spanyol diperkirakan butuh modal tambahan senilai 37 miliar euro (46 miliar dollar AS) untuk mengatasi memburuknya kondisi ekonomi.

"Hasil stress test menunjukkan, meskipun sistem keuangan dikelola dengan baik, namun tetap rentan" kata Dana Moneter Internasional (IMF) dalam sebuah laporan evaluasi stabilitas sistem keuangan Spanyol yang dirilis kemarin (8/6/2012).

IMF menyebut, sementara kapitalisasi bank terbesar cukup bagus, ada sekelompok bank yang tingkat kerentanannya sangat rawan, dan paling tak mendapat dukungan publik.

Seorang pejabat Jerman sekaligus staf Uni eropa yang enggan diidentifikasi menyebut, Spanyol mungkin mencari bantuan Eropa secepatnya pada pertemuan para menteri keuangan zona euro pada hari ini. Jika Spanyol jadi menerima bailout, artinya negara ini menjadi yang keempat dari 17 negara euro yang mendapatkan bailout, setelah Yunani, Irlandia dan Portugal.

IMF juga menyebut, apabila memasukkan biaya lain yang belum teridentifikasi, maka kebutuhan modal bagi bank Spanyol akan lebih besar dari 37 miliar euro. "Beberapa biaya tambahan untuk penjaminan kerugian mungkin tidak diketahui sebelumnya, dan karena itu tidak mungkin untuk dimasukkan dalam stress test," tulis IMF dalam laporannya itu.

"Perbankan di Eropa menjadi pusat kekhawatiran kami saat ini, dan secara alami harus menjadi prioritas untuk diperbaiki," kata Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam pidato di New York, kemarin.

Adapun, pada 7 Juni lalu, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menyatakan, akan menunggu laporan IMF dan hasil penelitian dua konsultan sebelum menentukan cara membiayai rekapitalisasi sistem perbankan. Hasil penelitian itu baru akan rampung 21 Juni mendatang. (Dupla Kartini/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com