Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Pop! Yogyakarta Resmi Beroperasi

Kompas.com - 14/06/2012, 20:48 WIB
Hindra Liauw

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hotel Pop! Sangaji Tugu resmi beroperasi seusai diresmikan, Kamis (14/6/2012) di Kota Yogyakarta. Hotel bujet yang memiliki 151 kamar ini merupakan yang ketiga setelah Hotel Pop! di Denpasar dan Bandung. Peresmian Hotel Pop! Sangaji Tugu yang lahannya dimiliki oleh TNI AU ini dihadiri Kepala Staf AU Marsekal TNI Imam Sufaat, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Paku Alam IX, Komisaris PT KEGA Property Marsekal Muda Purn Harry R Gamdani. Selain itu, hadir pula Presiden Direktur PT Tauzia Hotel Management Marc Steinmeyer. Tauzia Hotel Management adalah mitra TNI yang bertugas mengelola hotel.

Dalam sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan Paku Alam, Hotel Pop! ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat DIY. Pembangunan hotel di DIY diperkirakan akan memunculkan peluang dan tantangan. Di satu sisi, pembukaan hotel baru dapat menyerap tenaga kerja dan menggerakkan perekonomian daerah. Para turis domestik dan internasional pun menjadi memiliki banyak pilihan hotel.

"Sementara itu, tantangannya adalah ketidakseimbangan supply dan demand sumber daya manusia di bidang perhotelan. Persaingan menjadi tak sehat, saling bajak sana, bajak sini," kata Paku Alam.

Ketidakseimbangan ini dipandang menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan untuk menghasilkan lulusan di bidang pariwisata yang lebih berkualitas. Lembaga pendidikan perhotelan juga diminta agar lebih menata diri sehingga lulusan yang dihasilkan semakin baik.

Sementara itu KSAU Marsekal Imam Sufaat mengatakan, Hotel Pop! Sangaji Tugu yang mengusung konsep ramah lingkungan ini merupakan bentuk kepedulian TNI akan lingkungan hidup. Imam juga berharap keberadaan Hotel Pop! Sangaji Tugu dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal.

Sedangkan Marc berharap, Hotel Pop! Sangaji Tugu yang mematok tarif Rp 188.000 pada bulan promosi ini dapat mendukung perkembangan pariwisata di DIY. Marc menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan/pengelolaan 30 Hotel Pop! pada akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com