Jumat, 25 Juli 2014

/ Bisnis & Keuangan

Bisnis Hotel di Tangerang Makin Bergairah

Kamis, 14 Juni 2012 | 23:36 WIB

Baca juga

SERPONG, KOMPAS.com - Bisnis hotel di kawasan Tangerang, Banten makin bergairah. Sejumlah hotel berbintang dibangun di Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang dua tahun terakhir ini. Sebagian besar beroperasi di kawasan bisnis dan dekat dengan perumahan elit.

Hotel bintang empat yang segera beroperasi adalah Grand Zuri di kawasan BSD City, Tangerang Selatan. Hotel ini dijadwalkan diresmikan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Sabtu (16/6/2012).

Presiden Direktur dan CEO Zuri Hospitality Management Nico Kasan dalam percakapan dengan Kompas Kamis menyebutkan, hotel ini memenuhi kebutuhan tempat menginap yang representatif di BSD dan mengantisipasi hadirnya convention center terbesar dan terluas di Asia Tenggara yang dibangun di kawasan BSD.

Di BSD saat ini sudah dibangun Hotel Santika, hotel bintang tiga yang dikelola Grup Kompas Gramedia. Hotel yang menyatu dengan pusat hiburan TerasKota BSD ini selalu penuh.

Dalam dua tahun ke depan, Grup Kompas Gramedia akan membangun tiga hotel baru di kawasan convention center BSD, yaitu Santika Dyandra, Santika Premier, dan Amaris. Di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, tahun depan akan beroperasi Hotel Santika Premier.

Sedangkan hotel bintang empat Aston Paramount Serpong sudah beroperasi di kawasan perumahan Gading Serpong. Dalam satu tahun ke depan, di kawasan yang sana, dibangun Hotel Neo (hotel bintang tiga) dan Favehotel (hotel bintang dua) yang dikelola Aston International. 

Di Kabupaten Tangerang, sejak lama beroperasi Hotel Aryaduta yang dikelola Grup Lippo. Ini merupakan hotel berbintang pertama yang dibangun di Banten pada tahun 1990-an.

Di Kota Tangerang, pada akhir tahun 2012 mendatang, segera beroperasi Hotel Novotel, hotel bintang empat di superblok TangCity. Masih di kawasan yang sama, akan dibangun juga hotel bintang empat Harris Suites yang menyatu dengan kondominium SudirmanOne, serta Hotel Amaris, hotel bintang dua yang dikelola Kompas Gramedia.

Di Alam Sutera, Tangerang Selatan, sedang dibangun Hotel Mercure, hotel bintang empat, yang bersebelahan dengan mal Living World dan pusat makanan Flavor Bliss. Grup Tauzia juga akan mengoperasikan hotel bintang dua, PopHotel di kawasan BSD.

Hadirnya hotel-hotel baru di Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten, merupakan indikator betapa daerah ini makin berkembang pesat dan kian menjanjikan.


Penulis: R. Adhi Kusumaputra
Editor : Robert Adhi Ksp