Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Siap Terangkat Berita Stimulus Eropa-AS

Kompas.com - 15/06/2012, 08:43 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah ditutup melemah di level Rp 9.449 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg) pada perdagangan kemarin. Sentimen negatif karena turunnya peringkat utang Spanyol membuat bursa Asia terkoreksi. Koreksi termasuk menimpa bursa Indonesia (IHSG) yang turun cukup tajam 1,78 persen menjadi 3.791,62.

Pada Jumat (15/6/2012) ini, indeks di pasar global kembali positif merespon kemungkinan kebijakan yang akan diambil oleh bank sentral Inggris dan AS. Kemungkinan pasar Asia bakal mengikuti hal itu. Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, rupiah pun berpotensi menguat di kisaran antara Rp 9.380-Rp 9.430 per dollar AS.

Kemarin Pemerintah RI merealisasi program pembelian kembali (buyback) SUN. Jumlah yang ditawarkan peserta lelang mencapai Rp 10,883 triliun, tetapi hanya dibeli sebesar Rp 5,455 triliun. Sebagian besar yang ditawarkan peserta lelang adalah VR0025 yang jatuh tempo pada 25 September 2017 dengan nilai permintaan Rp.4,25 triliun. Pembelian kembali SUN ini dimaksudkan untuk mengendalikan imbal hasil sekaligus mengurangi tekanan jual SUN di tengah kegamangan pasar global saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com