Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muliaman Hadad, Lulusan Harvard yang Membidik Kursi OJK

Kompas.com - 19/06/2012, 16:22 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Muliaman Dharmansyah Hadad, telah menduduki jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia sejak tahun 2007. Jabatan tersebut baru diperbaharui, namun rupanya Muliaman ingin mengabdikan diri sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Lulusan Master of Public Administration, John F Kennedy School of Government Harvard University, Amerika Serikat ini, telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR RI, beberapa waktu lalu. Uji itu dilakukannya sebagai bagian dari proses menduduki Dewan Komisioner OJK.

Di Bank Indonesia, Muliaman menapaki karirnya dari posisi staf umum di Kantor Bank Indonesia Mataram. Jabatannya pun beranjak menjadi Kepala Seksi di Urusan Pengaturan dan Pengembangan Perbankan BI. Tahun 1996, ia memegang jabatan sebagai Analis Senior di bagian Biro Gubernur.

Selang beberapa tahun, Muliaman menduduki posisi Deputi Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan. Tahun 2005, ia pun menjadi Direktur di direktorat tersebut. Dua tahun kemudian, jabatan Deputi Gubernur Bi diraihnya. Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan non-kedinasan, seperti menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah. Profesi dosen pun dijalaninya. Ia menjadi dosen di pascasarjana Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.

Pria yang menyabet gelar sarjananya dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini aktif menulis berbagai jurnal dan publikasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Salah satu publikasinya adalah Interbank Stress Testing: Examining the Contagion Risk in The Indonesian Banking System. Tulisan itu diterbitkan pada Desember 2006.

Selain menulis, Muliaman aktif menjadi pembicara di sejumlah seminar. Tahun 2000, Muliaman pernah menjadi pembicara di sebuah seminar di Cambridge University, Inggris. Tahun 2007, ia pun menjadi pembicara pada Citi-FT Financial Education Summit di New Delhi, India.

Lantas, apakah Muliaman akan berhasil menyaingi mantan Deputi Gubernur BI Achjar Ilyas untuk mengisi kursi Ketua Dewan Komisioner OJK? Kita lihat pemilihannya di Komisi XI DPR, Selasa (19/6/2012) malam ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com