Rabu, 22 Oktober 2014

News / Travel

Sail Komodo Dorong Percepatan Pembangunan Pariwisata

Minggu, 24 Juni 2012 | 07:14 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya mengatakan pelaksanaan "Sail Komodo 2013" diharapkan ikut mendorong percepatan pembangunan pariwisata dan perekonomian nasional dan daerah.

"Selain itu, untuk mempromosikan destinasi wisata menuju destinasi dunia, pengembangan potensi dan peningkatan kunjungan wisatawan ke NTT serta meningkatkan kualitas pelaku dan mitra usaha pariwisata dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia," kata Gubernur Lebu Raya di Kupang, Jumat (22/6/2012), terkait manfaat dari pelaksanaan Sail Komodo 2013.

Menurut Frans, manfaat yang diharapkan dalam pelaksanaan Sail Komodo pada 2013 adalah mempersiapkan NTT sebagai destinasi dunia, melestarikan potensi alam dan budaya warisan dunia di daerah ini. "Selain mempercepat pembangunan yang dapat membuka peluang usaha, juga  memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Seni dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Abraham Klakik mengatakan, pada Sail Komodo 2013 para peserta dari berbagai negara akan melalui dua jalur.

Jalur pertama adalah Kota Kupang sebagai "entry point" menuju Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, Atapupu di Kabupaten Belu-Kalabahi-Lewoleba-Larantuika-Maumere-Riung dan Labuan Bajo.

Ia melanjutkan, jalur kedua akan berangkat dari Kota Kupang-Baa di Kabupaten Rote Ndao, Seba di Kabupaten Sabu Raijua, Waingapi-Waekelo dan Labuan Bajo. "Artinya, peserta akan dibagi dalam dua jalur atau rute pelayaran tetapi semuanya akan bertemu di Labuan Bajo, ujung barat Pulau Flores untuk acara penutupan," katanya.

Mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi peserta Sail Komodo 2013 antara lain Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Taman Laut 17 Pulau Riung di Kabupaten Ngada, Taman Laut Teluk Maumere di Kabupaten Sikka.

Selain itu, Taman Laut Kepa di Selat Pantar di Kabupaten Alor, Taman Laut Teluk Kupang di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang, Pantai Nembrala di Kabupaten Rote Ndao, Taman Nasional Kelimutu di Kabupaten Ende, Pantai Kolbano dan Kawasan Gunung Mutis di Kabupaten Timor Tengah Selatan. "Masih banyak lagi destinasi wisata yang nantinya akan menjadi sasaran kunjungan para peserta Sail Komodo," kata Abraham. 


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: