Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michael Widjaja Menggelorakan Properti Hijau

Kompas.com - 25/06/2012, 09:19 WIB

Oleh Abun Sanda

KOMPAS.com -- Saat diangkat menjadi Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, banyak kalangan yang bertanya-tanya, seperti apa kemampuan Michael Widjaja memimpin perusahaan raksasa properti ini? Apakah anak muda bisa membuat bisnis Sinar Mas lebih berkilau?

Jawabannya ditemukan beberapa waktu kemudian. Bumi Serpong Damai, sekadar menyebut satu usaha yang ditangani Michael, acap mendapat penghargaan dari lembaga properti dunia. Selain itu, ia juga mengajak semua anggota stafnya mulai mengembangkan green district, keberpihakan pada lingkungan hidup.

Untuk memenuhi asa ini, Michael menggerakkan seluruh potensi dan tiada henti mengajak para stafnya mencintai lingkungan setulus-tulusnya. Mencintai bukan karena disuruh atasan, melainkan lahir dari kecintaan pada lingkungan hidup.

Para pemain dan pemerhati properti kemudian paham bahwa Michael punya kapasitas spesifik, yakni mengembangkan isu strategis terarah. Lingkungan memang bukan isu baru. Namun, cara ia mewujudkan ide pelestarian lingkungan sangat atraktif. Anak muda yang lahir pada 9 Juli 1984 ini rela mengucurkan dana ekstra untuk merealisasikan green district.

Berikut petikan wawancara dengan Michael Widjaja di Jakarta, pekan lalu.

Mengapa lingkungan? Biar segera dapat perhatian publik?

Pilihan pada isu lingkungan bukan karena latah, melainkan karena ingin Sinar Mas Land ambil bagian dalam ikhtiar melestarikan lingkungan. Keinginan semua perusahaan properti kami menjadi pelopor mengembangkan bangunan prolingkungan, fasilitas publik bernapaskan lingkungan.

Ini kami lakukan dalam gerakan besar, berkelanjutan, dan dalam ritme sama. Kami lega pengakuan kepada kami terus mengalir, di antaranya Best Office Development di Kuala Lumpur (2011). Lalu di Hongkong, finalis untuk Sinar Mas Land Plaza di BSD City dan kampus ITSB di Kota Deltamas.

Gerakan terkini, membangun green district seluas 25 hektar. Di sini dibangun sebelas gedung dengan tinggi 5-6 lantai. Semua dikemas dalam konsep sangat ramah lingkungan. Ini pun sudah dapat penghargaan internasional di Singapura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com