Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2012, 09:21 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bursa Asia, Selasa (26/6/2012) pagi ini dibuka melemah meski tidak sesignifikan pelemahan bursa global semalam. Ini menandakan pasar masih memfaktorkan sentimen negatif dari Uni Eropa (UE).

Harga minyak menguat tipis ke level 79,3 dollar AS per barrel. Harga batubara NEWC terkoreksi tipis ke level 83,1 dollar AS per ton.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini masih akan bergerak melemah seiring minimnya sentimen positif baru dari bursa global. Beberapa saham sektor batubara diperkirakan akan melanjutkan pelemahannya hari ini. Support indeks berada di level 3,800.

Bursa AS kembali melemah signifikan. Bursa AS ditutup melemah signifikan sekitar 1,5 persen mengikuti koreksi signifikan di bursa Eropa. Pesimisme pasar akan hasil pertemuan pemimpin negara-negara UE akhir pekan ini menjadi sentimen negatif utama di bursa global semalam, ditambah dengan pernyataan Perdana Menteri Jerman yang tetap menolak penerbitan eurobond.

Sentimen positif dari rilis data perumahan dan manufaktur AS yang lebih baik dari ekspektasi tidak mampu mengkompensasi pesimisme pasar.

Harga minyak pun sempat terkoreksi tipis sebelumnya ke level 79,2 dollar AS per barrel diikuti pelemahan harga metal dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com