Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Gelontorkan Rp 26 Triliun

Kompas.com - 28/06/2012, 13:23 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo berharap agar sejumlah kementerian bisa segera memperoleh persetujuan dari DPR terkait anggaran belanja tambahan sejumlah Rp 26 triliun. Pasalnya, menurut dia, dana itu berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sekarang ini semua yang terkait anggaran belanja tambahan yang sebesar Rp 26 triliun itu sedang dalam proses kementerian masing-masing yang menjalankan dan mereka sedang meminta persetujuan dari komisi terkait," kata Agus, di DPR, Jakarta, Kamis (28/6/2012).

Menurut Agus, bila persetujuan telah diperoleh masing-masing kementerian dari DPR maka dana bisa segera digunakan. Jadi ia berharap agar proses tersebut bisa cepat selesai. Ia mengatakan, dana itu dianggarkan Pemerintah dengan maksud meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kita harapkan ini bisa cepat karena ini terkait pencairannya akan membuat pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, khususnya di Indonesia Timur, sehingga nanti secara nasional akan baik," sambung Agus.

Agus pun menuturkan, dana sebesar Rp 26 triliun itu juga akan digunakan bagi percepatan pembangunan infrastruktur, seperti pelabuhan, jalan, sarana perkeretaapian, dan perbaikan bandara. "Itu yang jadi prioritas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com