Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Anjlok ke Level Terendah 8 Bulan

Kompas.com - 29/06/2012, 08:03 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah jatuh ke posisi terendah delapan bulan menyusul data pengangguran Amerika Serikat dan Jerman yang buruk.

Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate untuk pengantaran Agustus turun 2,52 dollar AS menjadi 77,69 dollar AS per barrel, di New York Mercantile Exchange, Kamis (28/6/2012) waktu setempat atau Jumat pagi.

Ini harga terendah sejak Oktober 2011. Harga minyak Brent untuk penetapan Agustus pun merosot 2,14 dollar AS, atau 2,3 persen, menjadi 91,36 dollar AS per barrel, di ICE Futures Europe exchange, London. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan, pengisian aplikasi untuk tunjangan pengangguran masih berada dekat dengan posisi tertinggi sepanjang tahun 2012 pada minggu lalu, dan pembacaan minggu sebelumnya pun direvisi naik.

Sementara itu, tingkat pengangguran Jerman pun naik melebihi taksiran ekonom pada bulan Juni. "Klaim pengangguran jelas negatif untuk pasar, dan revisi untuk minggu sebelumnya jelas sangat mengganggu," sebut John Kilduff, mitra di Again Capital LLC, New York.

"Pasar ini sangat gugup terhadap pertemuan UE (Uni Eropa)," tambah Kilduff.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com