Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEI Rambah Bisnis Asuransi Syariah

Kompas.com - 02/07/2012, 14:26 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  BUMN di bidang asuransi, PT Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) memutuskan terjun ke bisnis asuransi syariah. Hal ini ditandai dengan launching asuransi syariah ASEI di Graha ASEI, Jakarta, Senin ( 2/7/2012 ).

"Kesepakatan ini merupakan sinergi dari BUMN untuk memperkuat asuransi khususnya di bidang syariah," kata Dirut ASEI Zaafril Razief, pada sambutannya di launching tersebut.

Zaafril mengatakan, untuk sisa tahun 2012 ini, ASEI syariah menargetkan premi sebesar Rp 6 miliar. Pada tahap awal, ASEI Syariah akan menjual produk asusransi umum. Lalu ke depannya, juga akan menambah bisnis asuransi pembiayaan syariah.

Zaafril mengungkapkan, ASEI memiliki pengalaman di bidang asuransi kredit. Hal itu yang menjadi kebutuhan perbankan syariah terhadap penjaminan yang diberikan. "Kesepakatan ini merupakan sinergi dari BUMN untuk memperkuat bisnis asuransi. Tahun depan, target kita ASEI akan berkompetisi dengan perusahaan asuransi lainnya yang memiliki aset di atas Rp  750 miliar ke atas," ujarnya.

Sebelumnya, ASEI hanya menjalankan asuransi konvensional melalu empat lini usaha, yakni asuransi umum, asuransi kredit, surety ship, dan asuransi ekspor.

Adapun ekuitas awal ASEI syariah sebesar Rp 25,87 miliar. Ini sesuai dengan persyaratan pada PP 81/2008 sebesar minimal Rp 25 miliar. Pengajuan izin unit usaha syariah ASEI pun sudah diajukan ke Kemenkeu pada 8 November 2011 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com