Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manufaktur AS Buruk, Harga Minyak Turun

Kompas.com - 03/07/2012, 07:10 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah jatuh menyusul indeks manufaktur Amerika Serikat turun secara tak terduga pada bulan Juni untuk yang pertama kali dalam hampir tiga tahun.

Harga minyak West Texas Intermediate untuk pengantaran Agustus turun 1,21 dollar AS menjadi 83,75 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange, Senin (2/7/2012) waktu setempat atau Selasa pagi. Sedangkan harga minyak Brent untuk penetapan Agustus merosot 46 sen, atau 0,5 persen, menjadi 97,34 dollar AS per barrel, di ICE Futures Europe exchange, London.

Indeks pabrik Institute for Supply Management turun menjadi 49.7 pada Juni. Padahal indeks tersebut mencapai 53,5 pada bulan Mei. "Angka ISM secara kuat menunjukkan bahwa kami mempunyai suatu jangka waktu yang panjang sebelum kami melihat suatu peningkatan dalam ekonomi dan permintaan minyak," sebut Michael Lynch, President Strategic Energy & Economic Research, di Winchester, Massachusetts.

Di sisi lain, menurut kantor statistik Uni Eropa, tingkat pengangguran di wilayah euro mencapai level tertinggi pada bulan Mei. "Data ekonomi dikombinasikan dengan lonjakan pada hari Jumat akan meyakinkan orang untuk keluar dari pasar," tambah Michael.

Untuk diketahui, pada Jumat (29/6/2012) lalu, harga minyak WTI sempat melonjak 7,27 dollar AS menjadi 84,96 dollar AS per barrel. Itu kenaikan persentase terbesar sejak 12 Maret 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com