Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Garuda Tambah 20.500 Tempat Duduk

Kompas.com - 05/07/2012, 21:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perseroan Terbatas Garuda Indonesia Tbk berencana menambah 20.500 tempat duduk selama tujuh hari menjelang dan setelah (H-7 hingga H+7) Lebaran 2012.

Menurut Vice President Corporate Communication Garuda Pudjobroto, pihaknya memperbanyak jumlah kursi untuk menghadapi lonjakan permintaan mudik Lebaran.

Penambahan ini juga dilakukan secara ekstra mengingat setiap bulan perseroan sudah menambah jumlah kursi seiring dengan berdatangannya pesawat-pesawat baru.

"H plus minus tujuh hari raya, kami siapkan 20.500 tambahan tempat duduk," kata Pudjobroto saat ditemui di kantor Citilink, Jakarta, Kamis (5/7/2012).

Ia memaparkan, tujuh hari menjelang Lebaran tahun lalu, Garuda menyediakan sebanyak 804.000 kursi.

Sementara pada tahun ini, Garuda menambah jumlah kursi yang tersedia hingga tujuh hari menjelang Lebaran sebanyak 874.000 kursi. "Ada penambahan 70 ribu kursi sepanjang tahun ini, itu di luar kursi ekstra untuk Lebaran," ungkapnya.

Diakui Pudjobroto, Garuda akan mempersiapkan rute-rute yang ditambah, antara lain Denpasar, Singapura, Padang, Yogyakarta dan Makassar.

"Mekanismenya dengan menambah frekuensi penerbangan atau menggunakan pesawat yang lebih besar sebab bersamaan dengan liburan dan Lebaran," katanya.

Menyoal tiket promosi selama Lebaran, Pudjobroto menegaskan bahwa Garuda tidak memberikan tiket promosi.

Sebaliknya, Garuda mengurangi tiket promosi selama liburan Lebaran karena peraturan pemerintah terkait dengan batas atas dan batas bawah harga tiket.

"Tidak akan menaikkan harga, tetapi tiket promo dikurangi. Misalnya, ke kota yang permintaannya meningkat, kami alihkan ke kota yang permintaannya menurun," tuturnya.

Ia menjabarkan untuk batas atas harga tiket pesawat "full services" sebesar 100 persen dari harga normal, "medium services" sebesar 85 persen, serta "low services" sebesar 75 persen dari harga normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com