Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Air Minum Kemasan Dipastikan Tersedia

Kompas.com - 06/07/2012, 17:21 WIB
Ester Meryana

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo, mengatakan bahwa, distribusi barang kebutuhan pokok, termasuk air minum dalam kemasan, akan diutamakan demi menjamin ketersediaan menjelang Lebaran.

"Pada saat menjelang Lebaran itu kan ada ketentuan oleh (Kementerian) Perhubungan bahwa jalur-jalur tertentu kan tidak dibolehkan melakukan pengangkutan barang-barang. Tetapi khusus mengenai barang kebutuhan pokok, termasuk juga air minum, dalam kemasan itu mendapat prioritas," sebut Gunaryo kepada para wartawan di sela-sela kunjungan kerja Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ke Cianjur, Jumat (6/7/2012).

Ia menjelaskan, distribusi barang kebutuhan pokok akan diutamakan ketimbang barang lainnya. Barang kebutuhan pokok tersebut termasuk air minum dalam kemasan. Ketersediaan air minum dalam kemasan juga mendapat perhatian Pemerintah lantaran tren saat ini yakni masyarakat lebih memilih produk ini ketimbang air tanah atau sumur.

"Kan seringkali ketika mau Lebaran, tren orang nggak lagi minum pakai air sumur tetapi lebih banyak minum air minum dalam kemasan," sambung dia.

Oleh sebab itu, sebut dia, Pemerintah memastikan produk air minum dalam kemasan tersedia. Pemerintah pun sudah mendapatkan komitmen dari produsen hingga peritel.

"Dalam banyak hal dulu terhambat karena untuk ngangkut-nya nggak ada. Tapi sekarang enggak dan ini sudah bisa kita pastikan ini tersedia baik itu komitmen dari produsennya sendiri maupun para ritel-ritel di semua ritel modern itu siap untuk ini, termasuk juga di toko-toko dan warung," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com