Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disperindag Temukan Banyak Timbangan Rusak

Kompas.com - 17/07/2012, 11:42 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggelar pemeriksaan timbangan milik para pedagang di beberapa pasar, Selasa (17/7/2012). Dalam operasi ini, petugas mendapati banyak timbangan rusak dan tanpa dilengkapi surat keterangan tera.

Pemeriksaan tersebut meliputi pengecekan kondisi fisik timbangan, kesetaraan, keteraturan tera, serta pemahaman penggunaan timbangan bagi para pedagang. "Kita tidak ingin para pihak merasa dirugikan karena timbangan yang tidak sesuai standarnya," kata Fery Hermawan, Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Pemkot Kediri.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan di pasar grosir Setonobethek, petugas banyak menemukan timbangan milik pedagang dalam kondisi rusak maupun yang tidak dilengkapi surat keterangan tera. Namun demikian Disperindag tidak dapat melakukan penindakan karena bukan menjadi wewenangnya.

"Kita hanya lakukan pemeriksaan, lalu hasilnya nanti kita kirim ke Provinsi (Pemprov Jatim)," tandas Feri Hermawan.

Salah satu timbangan tanpa surat tera adalah milik Nuraini, pedagang kelontong. Nuraini mengaku tidak melakukan tera karena timbangan itu dibeli dari pedagang lainnya. "Saya beli dari orang pada tahun 2008. Kondisinya sudah seperti ini," kata Nuraini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com