Harga Emas Turun untuk Hari Kedua - Kompas.com

Harga Emas Turun untuk Hari Kedua

Kompas.com - 18/07/2012, 07:26 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Kontrak emas berjangka turun untuk hari kedua seiring dengan Gubernur Bank Sentral AS, Ben S Bernanke, menahan diri untuk mendiskusikan langkah demi mendorong pemulihan ekonomi AS. Tetapi, di sisi lain, bank sentral akan bertindak bila pasar tenaga kerja tidak membaik.

Kontrak emas berjangka untuk pengantaran Agustus turun 0,1 persen menjadi 1.589,50 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada Selasa (17/7/2012) pukul 13.36 waktu setempat, di Comex, New York. Harga emas telah turun sebanyak 0,9 persen sepanjang bulan Juli.

Harga logam kuning ini turun menyusul jawaban Bernanke terhadap pertanyaan Senate Banking Committee memberikan sinyal bahwa dia tidak melihat inflasi sebagai sebuah halangan untuk menyediakan stimulus tambahan demi mendorong perekonomian. Ia pun menyebutkan, sejumlah hal menjadi perangkat Bank Sentral AS. Salah satunya adalah pembelian aset lebih lanjut, seperti mortgage-backed securities.

"Pasar ingin tahu secara spesifik sekalipun itu jelas bahwa sejumlah bentuk pelonggaran akan diumumkan segera," sebut William O'Neill, dari Logic Advisors, Upper Saddle River, New Jersey.

Untuk diketahui saja, harga emas sempat melonjak 70 persen dari akhir Desember 2008 ke Juni 2011 seiring dengan langkah Bank Sentral AS mempertahankan biaya pinjam pada rekor yang rendah dan membeli obligasi senilai 2,3 triliun dollar AS dalam dua putaran. Itu disebut dengan quantitative easing.


EditorErlangga Djumena

Close Ads X