Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha RI Raih Sofi Awards di Amerika Serikat

Kompas.com - 18/07/2012, 16:33 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keripik kelapa dengan merek Danielle, produk milik seorang Warga Negara Indonesia yang telah lama bermukim di Boston, Amerika Serikat (AS), memenangkan Sofi Awards 2012. Penghargaan ini diberikan di Fancy Food Show (FFS), pameran makanan tahunan terbesar di AS, kepada produk makanan dan minuman yang paling menonjol dan inovatif.

Atase Perdagangan Indonesia di Washington D.C., Ni Made Ayu Marthini, dalam siaran pers Rabu (18/7/2012) mengungkapkan, produk keripik kelapa Danielle (www.DanielleMarket.com) yang menang dalam kategori snack food tersebut telah masuk ke jaringan ritel high end ternama, seperti Dean & Deluca (www.deandeluca.com). " Selain keripik kelapa, Danielle juga memproduksi sebelas jenis keripik buah dan sayur rendah lemak," tambahnya.

Selain keripik kelapa, produk beras organik volcanic rice asal Indonesia yang dijual perusahaan AS, Lotus Foods (www.lotusfood.com), juga masuk sebagai finalis dalam Sofi Awards 2012. Produk beras organik tersebut bersaing dengan produk berkualitas lainnya dalam kategori USDA Organic Product.

Menanggapi hal ini, Made Marthini menyampaikan bahwa produk makanan dan minuman Indonesia mulai dilihat sebagai produk yang berkualitas tinggi di AS. "Mudah-mudahan hal ini dapat mengangkat citra positif produk Indonesia secara keseluruhan, sehingga minat masyarakat internasional terhadap produk Indonesia juga semakin meningkat," imbuhnya.   

Para finalis Sofi Awards dinominasikan oleh panel National Association for the Specialty Food Trade (NASFT) yang terdiri atas perwakilan para peritel, food service professionals dan jurnalis. Pada Sofi Awards 2012, terdapat 35 kategori untuk mendapatkan penghargaan tertinggi dan bergengsi di bidang makanan dan minuman.

Pada Fancy Food Show ke-58 ini, Indonesia diwakili oleh lima perusahaan makanan dan minuman, yang terdiri dari Cocomas, Garudafood, Indofood, Pacific Republic dan PT. Perkebunan Nusantara, serta satu distributor produk makanan dan minuman Indonesia di Los Angeles, yakni Takari. Pameran FFS 2012 diikuti sekitar 2.250 peserta pameran, 80 negara, 230 perusahaan makanan dan minuman, 180.000 produk dan dihadiri sekitar 21.000 pengunjung.

"Keikutsertaan ini sangat penting bagi Indonesia untuk dapat menembus pasar makanan dan minuman AS yang nilainya mencapai 6,1 miliar dolar AS (data Januari-Maret 2012)," jelas Made Marthini.

Pada periode Januari-Maret 2012, impor AS dari Indonesia untuk produk makanan dan minuman, yang terdiri dari ikan dan seafood, makanan olahan dan kopi, mencapai 328,2 juta dollar AS atau mengalami peningkatan sebesar 15,62 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2011, yang nilainya hanya mencapai 276,9 juta dollar AS.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com