Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri Beri Kredit Hotel Indonesia Natour Rp 103,8 Miliar

Kompas.com - 19/07/2012, 17:00 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPA.com - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyepakati pemberian fasilitas kredit investasi senilai Rp 103,8 miliar kepada PT Hotel Indonesia Natour (HIN). Kredit tersebut untuk membiayai proyek pembangunan Hotel Grand Inna Kuta Bali.

Direktur Bank Mandiri Sunarso menjelaskan, perseroan berkomitmen mendukung industri pariwisata di tanah air agar dapat meningkatkan daya saing dengan destinasi pariwisata lain di kawasan regional. "Kami sangat optimis dengan prospek industri pariwisata di tanah air, terutama mengingat semakin meningkatnya kesiapan destinasi wisata dalam menyambut kunjungan wisatawan serta semakin baiknya daya dukung infrastruktur pariwisata seperti transportasi dan akomodasi," ungkap Sunarso dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Sunarso menambahkan, kerjasama finansial ini juga merupakan bentuk dukungan perseroan kepada Hotel Indonesia Natour dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau lebih banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Direktur Utama HIN Intansari Abdams Katoppo menjelaskan pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai 60 persen dari total kebutuhan investasi pembangunan hotel yang mencapai Rp 173 miliar. Pinjaman tersebut berjangka waktu 8 tahun 6 bulan. Kerjasama finansial dengan Bank Mandiri ini dapat mendukung ekspansi bisnis hotel Inna Natour. Hotel Inna Natour juga akan membuka kembali dua hotel yang sudah direnovasi total yaitu Grand Inna Kuta, hotel bintang 4 berkapasitas 317 kamar yang bernuansa resort serta Grand Inna Muara Padang, hotel bintang 4 berkapasitas 168 kamar yang memiliki fasilitas konvensi dan eksibisi terbesar di Padang.

Grand  Inna Muara akan memantapkan posisinya sebagai hotel bintang 4 yang mempioritaskan kenyamanan dan keramahan yang khas sebagai modal utama. Melalui pembukaan hotel tersebut pada Juni 2012,  diharapkan bisnis pariwisata Kota Padang dapat bergairah.

Sementara itu, hotel Grand Inna Kuta, akan dioptimalkan dengan menjual eksotisme Pantai Kuta, sehingga dapat meraih pangsa pasar wisatawan mancanegara maupun domestik dari kelas menengah atas. "Ke depan, kami akan terus mengembangkan bisnis dengan merenovasi 12 hotel yang dimiliki Hotel Indonesia Natour sesuai target pasar yang dibidik," ujar Intan.

Selain untuk pembangunan hotel Grand Inna Kuta Bali, kerjasama Mandiri dan Hotel Indonesia Natour juga telah direalisasikan melalui proyek pembangunan Hotel Grand Inna Muara Padang. Dalam kerjasama yang ditandatangani pada Desember 2011 tersebut, Bank Mandiri sepakat untuk mengucurkan kredit investasi sebesar Rp 101 miliar.

Hingga Juni 2012, pembiayaan Bank Mandiri ke sektor perdagangan, restoran dan hotel telah mencapai Rp 57 triliun (unaudited), meningkat 45,9 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Khusus untuk bisnis perhotelan, kucuran kredit Bank Mandiri telah mencapai Rp 2,2 triliun, naik 19,2 persen dari Juni 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com