Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Cilembu Siapkan Kios Baru

Kompas.com - 05/08/2012, 12:59 WIB
Orin Basuki

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekitar 30 pedagang makanan ringan dari Cilembu, Kabupaten Bandung, memutuskan untuk membangun kios-kios baru di pinggir Jalan Lingkar Luar Nagreg, Bandung. Langkah ini mereka lakukan untuk mengantisipasi pengalihan arus lalu lintas pada masa balik Lebaran 2012 mulai 23 Agustus 2012.

Proses pembangunan kios tersebut baru dimulai pada awal bulan puasa tahun ini, yakni mulai  tanggal 20 Juli 2012. Oleh karena itu, proses pembangunan 30 kios itu dipercepat dengan harapan akan selesai seminggu sebelum Lebaran 2012 tiba, antara 19-20 Agustus 2012.

"Pedagang dikoordinir dalam satu paguyuban sehingga proses pembangunannya bisa cepat," ujar Yunus, Petugas Keamanan yang menjaga areal proyek tersebut siang dan malam di kawasan Ciherang, Nagreg, Bandung, Minggu (5/8/2012).

Menurut Yunus, para pedagang itu adalah pedagang makanan ringan khas kawasan cilembu, seperti ubi bakar cilembu, borondong garing berbentuk bola, kerupuk melarat, ladu, selai pisang, dan dodol. "Kios-kios ini diupayakan agar selesai seminggu sebelum Lebaran. Sehingga diharapkan akan dapat berdagang pada saat arus balik terjadi. Meski demikian, pengalaman pedagang 3-4 hari setelah Lebaran masih sepi," ujarnya.

Yunus menambahkan, sudah banyak orang yang survei tanah untuk dikembangkan sebagai rumah makan dan peristirahatan. "Kawasan ini menjadi unggul karena pemandangannya yang indah dengan kontur tanah berbukit-bukit, dengan kebun-kebun milik warga, bagus untuk rest area," kata Yunus.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com