Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi ATM Bersama Diperkirakan Naik 30 Persen

Kompas.com - 07/08/2012, 21:19 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Artajasa selaku pengelola layanan ATM Bersama memperkirakan peningkatan transaksi di jaringan ATM Bersama pada saat Lebaran akan meningkat 30 persen.

Lonjakan transaksi diprediksi akan terjadi sejak H-10 hingga H+7 Lebaran.

Direktur Utama PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) Arya Damar menjelaskan, peningkatan transaksi diperkirakan mencapai sekitar 30 persen dibandingkan hari biasa. Biasanya nasabah akan memanfaatkan layanan ATM Bersama menjelang Lebaran, khususnya untuk transaksi tarik tunai dan transfer.

"Saat ini kami telah mempersiapkan mesin switching yang dapat menampung transaksi hingga lima kali lipat. Jadi tidak ada masalah bila ada lonjakan transaksi," kata Arya saat acara Indonesia Regional Champion in Payment System di Kempinski Ballroom Grand Indonesia Jakarta, Selasa (7/8/2012).

Sepanjang semester I-2012, transaksi ATM Bersama mampu mencapai sekitar 70 juta transaksi. Jumlah tersebut naik 13,6 persen dibandingkan dengan jumlah transaksi pada tahun lalu yang mencapai 60 juta transaksi. Sementara untuk layanan online payment, di semester I-2012 ini jumlah transaksi mencapai 75 juta transaksi, naik 47 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 50 juta transaksi.

"Transaksi di ATM Bersama pada saat Lebaran akan naik 30 persen dibanding bulan biasa. Sementara hingga akhir tahun bisa mencapai 150-160 juta transaksi, dibanding 130 juta transaksi di tahun lalu," jelasnya.

Sementara itu, biaya transaksi di ATM Bersama Rp 5.000 per sekali transaksi. Namun, Artajasa mendapat fee dari layanan transaksi di ATM Bersama hanya Rp 700 per sekali transaksi.

"Pendapatan kami dari transaksi ini Rp 12 triliun-Rp 13 triliun per bulan," katanya.

Ia menambahkan, salah satu cara yang dilakukan perseroan untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan melakukan Capacity Planning secara rutin.

Selain itu juga mengimbau anggota ATM Bersama untuk mencukupi ketersediaan uang pada setiap terminal ATM sebagai antisipasi lonjakan transaksi tunai melalui jaringan ATM Bersama.

"Anggota ATM Bersama akan menyiapkan dana tiga kali lipat lebih banyak dari hari biasa di terminal-terminal ATM miliknya. Sehingga nasabah tidak perlu khawatir untuk bertransaksi di jaringan ATM Bersama saat libur Idul Fitri," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com