Rabu, 16 April 2014

News / Bisnis & Keuangan

Foxconn Pandang Indonesia Negara Strategis Ketiga di Dunia

Selasa, 14 Agustus 2012 | 22:48 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan manufaktur teknologi informasi besar asal Taiwan, Foxconn, memandang Indonesia sebagai negara strategis nomor ketiga di dunia. Oleh karena itu, perusahaan ini akan berinvestasi hingga Rp 100 triliun dalam jangka panjang.

"Intinya mereka sudah mengklasifikasikan kita sebagai negara strategis nomor tiga di dunia," sebut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam acara buka puasa dengan wartawan, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Gita menjelaskan, Foxconn sebelumnya telah melakukan investasi di Brasil, India, hingga China. Di Brasil, investasi disebutkan mencapai 10 miliar dollar AS. Kini, Foxconn yang jumlah karyawannya telah mencapai 1,3 juta orang menyasar Indonesia sebagai tempat berinvestasi.

Rencananya, perusahaan akan memulai produksinya pada akhir Desember tahun ini. Ditargetkan ada 3 juta telepon seluler per tahun yang akan dihasilkan.

Foxconn pun akan menggandeng perusahaan lokal untuk bekerja sama dalam memproduksi sejumlah barang elektronik. Gita menyebutkan, investor telah berbicara dengan perusahaan BUMN PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTIi).

Foxconn juga disebutkan akan berbicara dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan perusahaan swasta seperti Polytron dan Cosmos. "Itu mitra lokal, itu terserah mereka," tuturnya.

Secara keseluruhan, kata Gita, investasi yang dilakukan Foxconn dalam jangka menengah hingga panjang bisa 5 miliar dollar AS-10 miliar dollar AS atau sekitar Rp 50 triliun-Rp 100 triliun. Ke depan, Foxconn bukan hanya memproduksi barang elektronik. Perusahaan juga akan membangun smart city.

"Smart city itu yang mau dibikin di kita juga," tandas Gita.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Ester Meryana
Editor : Tri Wahono