Minggu, 23 November 2014

News / Bisnis & Keuangan

Peringkat Bumi Resources Turun

Jumat, 17 Agustus 2012 | 18:49 WIB

Terkait

 

 

 

 

SINGAPURA, KOMPAS.com-Pemeringkat Moody's Investors Service menurunkan peringkat perusahaan dan surat utang berjaminan dari Bumi Resources menjadi B1 dari Ba3.

 

"Penurunan peringkat ini mencerminkan kemungkinan ada penurunan kredit metric dan likuiditas karena diakibatkan penurunan margin operasional, rencana belanja modal besar serta beban utang dan bunga," ujar Simon Wong, Vice President and Senior Analyst Moody's di Singapura, Jumat (17/8/2012).

 

"Rencana perseroan untuk membayar kembali utang kepada China Investment Corporation (CIC) yang mencapai 600 juta dollar AS pada akhir 2012 menjadikan Bumi sulit menjaga profil finansialnya selaras dengan peringkat sebelumnya," ujar Wong yang juga analis utama Moody's untuk Bumi.

"Terlebih lagi Bumi juga harus mengantungkan diri pada penjualan dan penyelesaian aset finansial Bumi lainnya, bukannya dari arus kas operasional. Waktunya juga tidak pasti," tambah Wong. Moody's juga khawatir dengan utang Bumi yang akan jatuh tempo pada 2013 yang berjumlah lebih dari 300 juta dollar AS. Hal ini akan meningkatkan tekanan terhadap likuiditas Bumi.

 

 

Margin EBITDA Bumi diperkirakan turun menjadi sekitar 22-24 persen pada tahun 2012 dari 32,9 persen pada tahun 2011.

 

Walaupun perusahaan tambang Indonesia merupakan salah satu produsen batu bara dengan biaya terendah di dunia, produksi mereka naik beberapa tahun belakangan ini karena kenaikan harga minyak, upah buruh dan ongkos kontraktor.

 

 

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Anastasia Joice
Editor : Tjahja Gunawan Diredja