Rabu, 26 November 2014

News / Bisnis & Keuangan

Pendidikan Tinggi

Industri Butuh Tenaga Siap Pakai

Selasa, 4 September 2012 | 23:47 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Industri saat ini lebih menyukai lulusan perguruan tinggi yang siap pakai serta memiliki kompetensi di bidangnya. Karena itu, peran perguruan tinggi sangat penting dalam mencetak lulusan yang memiliki kualitas prima.

Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin dalam siaran persnya, Selasa (4/9/2012), mengatakan hal itu seusai mengikuti kuliah perdana bagi mahasiswa baru Institut Pertanian Stiper di Yogyakarta. Kuliah perdana tersebut disampaikan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan dan diiikuti 764 mahasiswa baru.

Menurut Kusnan, bidang pertanian dalam arti luas memiliki prospek cerah di masa depan karena Indonesia memiliki beberapa keunggulan dari sisi geografis dan topografis. Meski demikian, potensi ini hanya bisa dikelola dengan baik jika ditangani tenaga terdidik dan berkualitas.

“Untuk mendukung pembentukan tenaga berkualitas tersebut, RAPP telah memberikan beasiswa untuk 50 mahasiswa Institut Pertanian Stiper sejak 2011,” kata Kusnan.

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan mengatakan, areal pertanian dan perkebunan di Indonesia masih sangat luas. Karena itu, lulusan perguruan tinggi yang memiliki kompetensi di bidangnya pasti sangat dibutuhkan pasar kerja.

Sementara itu Rektor Institut Pertanian Stiper Yogyakarta DR Ir Purwadi MS mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi lulusan, Instiper mengambil kebijakan untuk mendidik mahasiswa fokus pada kompetensi khusus sejak awal.

Perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1958 ini juga menyelenggarakan model pendidikan link and match. ”Caranya dengan menerapkan pola university-industry partnership dengan mitra perusahaan,” kata Purwadi. 


Penulis: R. Adhi Kusumaputra
Editor : Robert Adhi Ksp