Rabu, 22 Oktober 2014

News / Bisnis & Keuangan

Pemerintah Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas

Rabu, 5 September 2012 | 11:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-   Pemerintah mengumumkan lima perusahaan pemenang hasil lelang reguler wilayah kerja minyak dan gas bumi tahap satu tahun 2012 periode 28 Maret sampai 26 Juli 2012 dan lelang penawaran langsung blok migas non konvensional tahun ini periode 4 Juni sampai 19 Juli 2012, Rabu (5/9/2012), di Gedung Migas, Jakarta.

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Evita H Legowo,  pada lelang wilayah kerja migas konvensional, dari 5 blok yang ditawarkan, jumlah blok yang diminati hanya satu wilayah kerja. Sementara untuk lelang blok migas non konvensional, dari 5 blok yang ditawarkan, ada empat blok yang bisa ditetapkan pemenangnya.   Dalam Lelang reguler blok migas konvensional tahap satu tahun ini, blok East Sokang berlokasi di offshore Natuna Timur, dan dimenangkan PT Equator Energy.

Komitmen pasti eksplorasi dari pemenang lelang untuk 3 tahun masa eksplorasi berupa studi geologi dan geofisika 600.000 dollar AS, survei seismik tiga dimensi (3D) seluas 500 kilometer persegi dan pengeboran 1 sumur eksplorasi. "Dari hasil lelang itu, total komitmen investasi eksplorasi senilai 29,38 juta dollar AS. Bonus tanda tangan yang akan diterima langsung oleh pemerintah sebesar 1,5 juta dollar AS," kata Evita menambahkan.

Untuk lelang penawaran wilayah kerja migas non konvensional, dari 5 blok gas metana batubara itu yang ditawarkan, hanya empat blok yang dapat ditetapkan pemenangnya. Total investasi komitmen eksplorasi untuk tiga tahun masa eksplorasi 15,25 juta dollar AS antara lain untuk studi G&G, satu pemboran sumur eksplorasi dan tiga pemboran sumur eksplorasi, sedangkan bonus tanda tangan yang akan diterima langsung pemerintah 5 juta dollar AS.

Sementara dari lelang penawaran langsung wilayah kerja migas non konvensional, lanjut Evita, blok GMB Bontang Bengalon dimenangkan Dart Energy International dan PTE Ltd, blok GMB Belawa dimenangkan PT Bumi Parahyangan Energi, blok GMB Sekayu II dimenangkan konsorsium Ephindo Sekayu 2 inc-Star Energy CBM (Sekayu) Ltd, blok GMB Kuala Kapuas I dimenangkan konsorsium Asia Dev Corp-PT Tranaco Utama.


Penulis: Evy Rachmawati
Editor : Tjahja Gunawan Diredja