Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi 68 Heli, PTDI Kekurangan Modal Rp 7 Triliun

Kompas.com - 07/09/2012, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia kekurangan modal senilai Rp 7 triliun untuk keperluan produksi 68 unit helikopter dalam waktu tiga tahun.

Kekurangan uang modal untuk operasional itu disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di Jakarta, Jumat (7/9/2012).

"Waktu saya ke Bandung, belum ada sejarah PT DI mendapat pekerjaan yang banyak ini," kata Dahlan di kantor Kementerian BUMN.

Dahlan menyebutkan, PT DI pernah dikucuri dana sebesar Rp1 triliun untuk perbaikan dan produksi. Namun dana sebesar belum cukup untuk mempunyai banyaknya pekerjaan yang akan dilakukan PT DI. "Ada pinjaman lagi untuk PT DI, tapi nilainya saya belum tau," ucapnya tanpa memberikan rincian.

Selain digunakan untuk merakit 68 unit helikopter, dana sebesar Rp 7 triliun itu juga untuk mengembangkan produksi komponen-komponen helikopter yang dipesan tersebut. "Kontraknya itu namanya life time kontrak, keseluruhan pembuatan komponen tadi cukup besar dananya, sekitar 20 persen dari investasi PT DI," jelas Dahlan. (Nur Ramdhansyah A/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com