Kamis, 27 November 2014

News / Bisnis & Keuangan

Presiden Yudhoyono Bicara di Pertemuan CEO di APEC

Sabtu, 8 September 2012 | 09:21 WIB

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Pertemuan puncak forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (8/9/2012) dan Minggu (9/9/2012) di Vladivostok, Rusia, juga diwarnai pertemuan puncak (summit) para chief executive officer (CEO) yang berlangsung hari Sabtu ini.

Wartawan Kompas Pieter P Gero dari Vladivostok melaporkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan berbicara pada pukul 13.00 waktu Vladivostok di depan para pemimpin perusahaan dari anggota APEC. Presiden akan mempromosikan ekonomi Indonesia dan mengundang para investor untuk datang ke Indonesia.

Selain Presiden Yudhoyono, juga tampil Presiden Rusia Vladimir Putin selaku tuan rumah, sekaligus mengajak sekitar 700 pemimpin bisnis di Asia Pasifik agar ikut mendorong integrasi ekonomi dan perdagangan serta investasi di Asia Pasifik, kawasan yang kini mendominasi lebih dari 44 persen perdagangan, 45 persen investasi dunia, dan 55 persen dari pertumbuhan ekonomi dunia (PDB).  

APEC terdiri dari 21 anggota ekonomi yang tersebar dari Rusia. Kanada, hingga Selandia Baru, Australia, dan Indonesia. Anggota APEC dinamakan kelompok ekonomi dan bukan negara karena China keberatan menyebutkan Hongkong dan Taiwan sebagai sebuah entitas negara.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton juga berbicara di CEO Summit. Dalam acara ini juga akan tampil Menteri Perdagangan Gita Irawan Wirjawan dan Wakil Presiden Indika Energi Tbk Wishnu Wardhana yang juga pimpinan Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC) Indonesia pada pertemuan APEC 2013 di Bali.


Penulis: Pieter P Gero
Editor : Robert Adhi Ksp