Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DHL Hubungkan Hamburg-Jakarta

Kompas.com - 13/09/2012, 19:35 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  DHL Global Forwarding, spesialis jasa pengiriman udara dan angkutan laut milik Deutsche Post DHL mengumumkan peluncuran layanan Less than Container Load (LCL) antara Jakarta (Indonesia) dan Hamburg (Jerman).

Layanan langsung mingguan LCL, yang mengkonsolidasikan pengiriman di Jakarta ini, hanya butuh 25 hari dari pelabuhan ke pelabuhan dan menghemat hingga 10 hari waktu transit.

"Menurut laporan bisnis terakhir, Asia Tenggara merupakan kawasan yang pertumbuhan ekonominya terkuat di dunia. Layanan langsung LCL kami dari Jakarta ke Hamburg akan membantu Indonesia memperluas ekspor, dan memberi kesempatan bagi pelanggan untuk memperoleh keuntungan lebih dari rute perdagangan ini dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya," kata Kelvin Leung, CEO, DHL Global Forwarding untuk wilayah Asia Pasifik , Kamis (13/9/2012) melalui surat elektroniknya.

Layanan LCL tidak saja menjamin pengiriman barang yang lebih cepat ke Jerman, tapi juga dapat menghemat karbon dioksida hingga 8 persen.

Nilai perdagangan Uni Eropa (UE) dan Indonesia tetap positif dengan peningkatan pertumbuhan yang kuat. Tahun 2011, total nilai perdagangan Uni Eropa dan Indonesia meningkat 22,3 persen menjadi 25 miliar euro dengan peningkatan ekspor dari Indonesia sebesar 19,7 persen dari 13 miliar euro (2010) menjadi 15,5 miliar euro .

"Perdagangan di Asia Tenggara telah melampaui tingkat ekspor sebelum masa krisis di tahun 2008. Kelapa sawit dan pertanian lainnya, bahan bakar, tekstil dan perabotan mendominasi ekspor Indonesia ke Eropa, dan kami siap melayani bila terjadi peningkatan permintaan," kata Welani Widjaja, Managing Director, DHL Global Forwarding Indonesia.

Waleni menambahkan, layanan LCL baru dari Jakarta ke Hamburg merupakan satu dari banyak rute langsung yang diluncurkan tahun ini, yang akan membantu memenuhi meningkatnya permintaan eksportir dari wilayah ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com