Senin, 21 April 2014

News / Bisnis & Keuangan

Kumpulkan Pengusaha Asia, Apa Rencana CT?

Rabu, 19 September 2012 | 10:14 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pengusaha Asia semalam berkumpul di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta. Mereka dirangkul Chairul Tanjung. Apa yang hendak dilakukan pemilik CT Corp ini?

Salah satu konglomerat Tanah Air itu menjelaskan, Indonesia saat ini menjadi pengendali ekonomi terkuat, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Dengan posisi itu, Indonesia seharusnya bisa mengontrol ekonomi di kawasan tersebut.

"Tapi, untuk malam ini, saya tidak akan bicara angka. Yang penting networking dulu. Biar saling kenal dulu," kata Chairul di acara Asean Business Club di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa (18/9/2012) malam.

Menurut Chairul, saat ini sudah ada perpindahan kekuatan ekonomi dari semula di kawasan Amerika dan Eropa menjadi ke kawasan Asia. Namun, sebutnya, sebenarnya kekuatan ekonomi Asia sudah ada sejak tahun 1800-an.

Saat itu, Asia menguasai 70 persen ekonomi dunia. Namun, kemudian dunia Barat berhasil merebutnya dan terjadi perpindahan kekuatan ekonomi dunia. "Saat ini saatnya untuk merebut kembali peta kekuatan ekonomi Asia," ungkapnya.

Lantas, siapakah negara-negara terkuat terkait perekenomian di Asia itu? Chairul menjelaskan bahwa ada tiga sumber kekuatan ekonomi di Asia. Pertama adalah Greater China yang meliputi China, Taiwan, Hongkong, Macau, Korea, dan Jepang. Kemudian kedua, Greater India (meliputi negara-negara di kawasan Asia Selatan). Ketiga, Asia Tenggara yang meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Filipina, Vietnam, dan Brunei.

"Saat ini, Indonesia memegang 40 persen perekonomian Asia Tenggara sehingga harus berperan lebih aktif," tuturnya.

Apalagi menjelang tahun 2015 Indonesia juga akan masuk dalam perdagangan bebas Asia Tenggara. Dengan demikian, kesempatan bisnis antarnegara sangat terbuka.

"Dengan perdagangan bebas itu, semoga perusahaan Indonesia bisa mengambil keuntungan," ujarnya.

Dalam acara makan malam tersebut, turut hadir pengusaha terkaya di Indonesia sekaligus pemilik Grup Djarum, Budi Hartono; Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid, Managing Director Citibank Indonesia Tigor Siahaan, Direktur dan juga pemilik PT Adaro Energy Tbk Sandiaga Uno, Direktur Utama Indosat Alexander Rusli, Komisaris Utama Indosat Rudiantara.

Hadir juga Tony Fernandes selaku Presiden Direktur Grup AirAsia, pemilik Northstar Group Patrick Walujo, dan sederet pengusaha papan atas Indonesia. Nah, apakah yang akan dilakukan pengusaha Chairul Tanjung ini selanjutnya? Kita tunggu saja.


Penulis: Didik Purwanto
Editor : Erlangga Djumena