Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan Bursa Asia Bisa Seret IHSG

Kompas.com - 20/09/2012, 09:30 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen positif dari bursa global berhadapan dengan sentimen negatif di bursa Asia, Kamis (20/9/2012) ini.

Kondisi ini bisa menyeret pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke posisi lebih rendah dari perdagangan sebelumnya.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia menyatakan, bursa Asia dibuka melemah tipis setelah terjadi penurunan merchandise trade exports yang turun 5,8 dibanding tahun sebelumnya (yoy) pada bulan Agustus, dan juga akibat penguatan yen.

Sementara itu, harga minyak pagi ini menguat tipis ke level 92,1 dollar AS per barrel, sedangkan rupiah menguat tipis ke level Rp 9.534 dollar AS, setelah sebelumnya melemah dalam dua hari berturut-turut.

Rencana stimulus Bank of Japan telah terfaktorkan pada penguatan IHSG 0,5 persen kemarin, sehingga IHSG sendiri hari ini diperkirakan akan bergerak variatif cenderung melemah mengikuti regional.

Support IHSG hari ini ada di level 4.221. Bursa AS dan Eropa berhasil rebound, setelah melemah dua hari berturut-turut, namun hanya ditutup menguat tipis.

Ini menggambarkan membaiknya data perumahan AS, dan juga peningkatan program pembelian aset oleh Bank Sentral Jepang (BOJ) dari 568 miliar dollar AS menjadi 695 miliar dollar AS.

Pasar obligasi juga terimbas sentimen ini di mana yield obligasi 10 tahun Spanyol dan Italia, masing-masing turun 0,2 persen dan 0,13 persen. Namun demikian, sama halnya dengan stimulus The Fed dan ECB, komoditas tidak merespon stimulus Jepang ini di mana kemarin minyak terkoreksi 3,47 persen dan metal terkoreksi 0,01 persen dengan timah anjlok 1 persen.

Koreksi minyak lebih disebabkan terjadinya kenaikan persediaan minyak AS dan Arab Saudi yang berencana menurunkan harga minyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com