Senin, 1 September 2014

News / Bisnis & Keuangan

Pameran

UI Gelar Pameran Bursa Kerja dan Beasiswa

Kamis, 20 September 2012 | 14:10 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan UI Career & Scholarship Expo ke-14. Kegiatan ini sebagai salah satu cara penyebarluasan informasi pasar kerja, untuk memfasilitasi pertemuan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja.

Peresmian UI Career & Scholarship Expo ke-14, dilakukan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Muhammad Anis, dan dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatanan Tenaga Kerja, Kementerian Tenaga Kerja, Firdaus Badrun pada Kamis (20/9/2012) di Balairung UI Kampus Depok.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Muhaimin Iskandar, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Firdaus Badrun, kegiatan ini berkaitan dengan pembangunan ketenagakerjaan dan dunia pendidikan serta penanggulangan pengangguran.

Dalam pidatonya disampaikan pula empat pokok permasalahan yang mempengaruhi usaha peningkatan penempatan tenaga kerja yaitu kesempatan kerja yang terbatas, rendahnya kualitas angkatan kerja, besarnya pengangguran dan globalisasi arus jasa.

Anis menyampaikan bahwa UI Career & Scholarship Expo selama 14 kali penyelenggaraan dalam tujuh tahun, merupakan bukti nyata bahwa UI memperhatikan pengembangan lulusannya, baik yang akan memasuki dunia kerja maupun melanjutkan studi.

UI Career & Scholarship Expo merupakan event setahun dua kali yang dijalankan oleh Career and Development Center UI (CDC UI) di bawah naungan Direktorat Hubungan Alumni UI.

CDC UI merupakan wadah pengembangan kualitas SDM bagi para alumni UI untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.

Selain menyelenggarakan Career & Scholarship Expo, CDC UI juga menjalankan kegiatan lainnya seperti program persiapan karir (seminar dan training), serta tracer study (studi pelacakan jejak lulusan/alumni).

Data terakhir berdasarkan tracer study UI 2011 oleh CDC UI diketahui bahwa masa tunggu kerja lulusan UI adalah 3 bulan yang berarti meningkatnya employability lulusan UI serta baiknya daya serap dunia kerja lulusan UI.


Penulis: Ester Lince Napitupulu
Editor : Agus Mulyadi